Selasa, 28 Maret 2017

Jenis-jenis Sistem Informasi

A.    Jenis-jenis Sistem Informasi

1.      Sistem Informasi Menurut Level Organisasi
a)      Berdasarkan level organisasi, sistem informasi dikelompokkan menjadi 3, yaitu :
1)      Sistem informasi departemen, sistem informasi yang hanya digunakan dalam sebuah departemen. Contoh : Sistem Informasi SDM (HRIS).
2)      Sistem informasi perusahaan, sistem terpadu yang dapat digunakan oleh sejumlah departemen secara bersama- sama. Contoh : sistem informasi perguruan tinggi.
3)      Sistem informasi antarorganisasi, sistem informasi yang menghubungkan dua organisasi atau lebih. Contoh : eCommerce

2.      Sistem Informasi Area Fungsional
Sistem informasi berdasarkan area fungsional ditujukan untuk memberikan informasi bagi kelompok orang yang berada pada bagian tertentu dalam perusahaan. Jenis-jenis Sistem Informasi Area Fungsional Sistem  
a)      Informasi Akuntansi Sistem informasi yang menyediakan informasi yang di pakai oleh fungsi akuntansi (departemen/bagian Akuntansi). Sistem ini mencakup semua transaksi yang berhubungan dengan keuangan dalam perusahaan. Model  Sistem Informasi Akuntansi
Lingkup Sistem Informasi Akuntansi
Penjelasannya :
·         Pemrosesan pesanan penjualan : subsistem yang menangani order dari pelanggan.
·         Pemrosesan sediaan : subsistem yang menangani perubahan dalam sediaan dan memberikan informasi pengiriman dan pemesanan kembali.
·         Buku besar : subsistem yang mengkonsolidasikan data dari sistem akuntansi yang lain dan menghasilkan pernyataan-pernyataan dan laporan bisnis yang bersifat periodik.
·         Piutang dagang : subsistem yang mencatat piutang pelanggan dan menghasilkan faktur, pernyataan pelanggan bulanan, serta laporan manajemen kredit.
·         Utang dagang : subsistem yang mencatat pembelian dan pembayaran utang kepada pemasok, dan menghasilkan laporan manajemen kas.
·         Pembayaran gaji : subsistem yang menangani penggajian, termasuk jam kerja dan bukti pembayaran, serta menghasilkan laporan yang terkait dengan penggajian.
b)     Sistem Informasi Keuangan
Sistem informasi yang menyediakan informasi pada fungsi keuangan yang menyangkut keuangan perusahaan.
Misalnya : Cash Flow dan informasi pembayaran. Sistem  informasi keuangan digunakan untuk mendukung manajer keuangan dalam mengambil keputusan yang menyangkut persoalan keuangan perusahaan dan pengalokasian serta pengendalian sumber daya keuangan dalam perusahaan.
Model Sistem Informasi Keuangan
Penjelasannya :
·         Subsistem intelijen keuangan berfungsi untuk mengidentifikasi sumber-sumber keuangan eksternal yang dapat menambah dana bagi perusahaan.
·         Subsistem audit internal berfungsi untuk menangani hasil-hasil audit secara internal.
·         Subsistem pemrosesan transaksi berupa sistem informasi akuntansi yang menghasilkan data-data keuangan.
·         Subsistem peramalan dan perencanaan keuangan berfungsi melakukan evaluasi terhadap kinerja keuangan saat ini dan terproyeksi dalam bisnis, membantu menentukan kebutuhan pendanaan dalam bisnis dan analisa metode-metode alternatif pendanaan.
·         Subsistem manajemen dana berguna untuk membantu pengelolaan aset.
·         Subsistem pengendalian keuangan berfungsi untuk melakukan evaluasi keuangan dan dampak keuangan terhadap pengeluaran modal yang diajukan.
c)      Sistem Informasi Manufaktur
Sistem informasi yang bekerja sama dengan sistem informasi lain untuk mendukung manejeman perusahaan dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan produk atau jasa yg dihasilkan perusahaan.
Misalnya : data bahan mentah, profil vendor baru, jadwal produksi.
Berbagai Nama Sistem Informasi Manufaktur :
·         ROP (reorder point), yakni suatu sistem yang mendasarkan keputusan pembelian berdasarkan titik pemesanan kembali (reorder point). Merupakan sistem ifnormasi manufaktur yang paling sederhana
·         MRP (meterial requirements planning), yakni suatu sistem yang dapat dipakai untuk merencanakan kebutuhan berbagai bahan baku yang diperlukan dalam proses produksi
·         MRP II (material resource planning), yakni suatu sistem yang memadukan MRP dengan penjadwalan produksi dan operasi pada bengkel kerja (shop floor operation). Sistem ini tidak mengontrol mesin dalam bengkel kerja, melainkan sistem informasi ini hanya mencoba memperkecil sediaan dan memperkerjakan mesin secara efektif.
·         JIT (Just-in-time), yakni suatu pendekatan yang menjaga arus bahan baku melalui pabrik agar selalu dalam keadaan minimum dengan mengatur bahan baku tiba di bengkel kerja pada saat diperlukan atau “tepat pada waktunya” (just in time).
·         CIM (computer integrated manufacturing) merupakan suatu sistem yang menggabungkan berbagai teknik untuk menciptakan proses manufaktur yang luwes, cepat, dan menghasilkan produk yang berkualitas tinggi secara efisien.
d)     Sistem Informasi Sumber Daya
ManusiaJenis sistem informasi yang berikutnya adalah sistem informasi sumber daya manusia alias SDM. Sesuai dengan namanya, biasanya sistem informasi ini berhubungan dengan bagian personalia, atau HR dari suatu perusahaan dan juga organisasi. Sistem informasi SDM ini memiliki banyak sekali data dan juga informasi, mengenai:
·         Data diri dari karyawan yang dimilki oleh perusahaan
·         Total gaji pokok, tunjangan, bonus dan informasi keuangan lainnya yang dimilki oleh karyawan
·         Jabatan dan masa kerja dari karyawan
Manfaat Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Sistem informasi sumber daya manusia tentu saja memilki banyak sekali manfaat, terutama bagi bagian personalia dan juga HR. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari sistem informasi sumber daya manusia:
·         Membantu bagian personalia dalam melakukan analisis mengenai gaji pokok dari seorang karyawan
·         Memberikan informasi mengenai kinerja yang dimiliki oleh setiap karyawan
·         Membantu bagian personalia dalam menganalisis bonus, potongan gaji, serta pemutasian dan kenaikan jabatan dari karyawan
·         Melakukan update data dari seluruh karyawan yang dimilkik oleh perusahaan tersebut
·         Sebagai acuan data dalam melakukan proses rekrutmen karyawan baru.

 

e)      Sistem Informasi Pemasaran

Jenis sistem informasi berikutnya yang banyak diimplementasikan adalah jenis sistem informasi pemasaran. Jenis sistem informasi ini sangat penting terutama bagi bagian pemasaran suatu perusahaan. Sistem informasi pemasaran akan membantu mencatat dan juga memberkan informasi penting mengenai penjualan yang telah dilakkan oleh sebuah perusahaan. Yang meliputi:

·         Jumlah produk yang sudah terjual
·         Produk yang laris dan banyak dipesan
·         Produk yang jarang diminati oleh pasar
·         Metode pemasaran yang tepat untuk menjual dan memasarkan suatu produk
·         Respon pasar terhadap produk yang diluncurkan
Sistem informasi pemasaran ini pada dasarnya dapat membantu usernya untuk:
·         Melakukan analisa terhadap pasar (analisis pasar)
·         Membantu bagian riset dan pengembangan untuk menganalisa produk-produk dari perusahaan tersebut

f)       SI Penjualan
sistem ini menyediakan informasi penjualan harian, mingguan, bulanan, triwulan, semesteran, dan tahunan dari masing-masing jenis barang dan supplier secara rinci. SI ini terkait erat dengan sistem persediaan barang, karena setiap penjualan akan mengurangi persediaan barang.
g)      SI distribusi
sistem  ini terkait erat dengan departemen penjualan. sistem ini akan menyediakan informasi tentang distribusi barang ke berbagai outlet yang ada, penjadwalan distribusi dari masing-masing item barang dan jadwal pengiriman barang langsung kepada konsumen.
h)      SI persediaan barang
sistem ini terdiri dari dua macam, yaitu persediaan bahan baku dan barang jadi, sementara itu, di sejumlah perusahaan juga membedakan untuk persediaan barang jadi, yaitu berdasarkan tempatnya di gudang atau show room . melalui SI dapat diperoleh informasi yang rinci tentang item-item barang yang tersedia, dari mana supplliernya, berapa barang yang rusak, berapa yang retur dan berapa yang harus diorder lagi, serta berapa banyak yang telah kadaluarsa.
i)        SI Pembelian
sistem ini menyediakan informasi lengkap tentang jenis dan berapa jumlah barang yang akan dibeli. siapa supliernya dan harga pokoknya. sistem ini terkait erat dengan sistem persediaan barang, karena setiap terjadi pmbelian . maka akan menambah persediaan barang.
j)        SI penelitian dan pnegembangan
sistem ini akan menyediakan informasi secara rinci tentang kegiatan departemen penelitian dan pengembangan, penjadwalan penelitian-penelitian yang akan dilakukan. siapa yang akan terlibat dalam penelitian, dan bahan-bahan kebutuhan pokok untuk penelitian tersebut.
k)      SI analisis kredit
sistem ini dibangun dalam perusahaan yang memberikan fasilitas kredit dalam penjualan produk-produknya, seperti kendaraan bermotor, mesin cuci, lemari es, televisi, dan lain sebaginya. sistem ini akan menghasilkan informasi lengkap tentang kredit jatuh tempo, besarnya angsuran, pelunasan kredit, dan informasi lainnya.

semua SI tersebut dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada semua manjer departemen terkait agar dapat melakukan kontrol dan membuat perencanaan selanjutnya atau mengambil keputusan seperti berapa banyak bahan baku yang akan dibeli untuk triwulan pertama dan sebagainya.

3.      Jenis-jenis SIM berdasarkan bidang minat perusahaan
a.       sistem informasi registrasi dan pembayaran biaya kuliah
sisem ini dibangun untuk melakukan pencatatan danmenyajikan informas-informasi yang berkaitan dengan pengambilan jumlah mata kuliah dan sitem kredit semster yang dilakukan oleh para mahasiswa. pemilihan matakuliah tentu saja akan terkait dengan siapa pengajarnya dan berapa kapasitas ruangnya.
b.      sistem informsi supermarket
sistem ini dibangun untuk meningkatkan kontrol baik terhadap tingkat pembelian, persediaan barang maupun omset supermarket tersebut. fungsi kontrol yang penting ialah mengenai barang yang akan segera kadarluarsa, jumlah barang yang segera habis, pembatasan hak akses kasir dalam penentuan harga jual, pembatalan transaksi karena konsumen tidak jadi membeli.
c.       sistem informasi  rumah sakit
sistem ini sangat kompleks karena harus dapat melakukan pencatatn transaksi mulai pemeriksaan dokter. laboratorium, pemodokan, apotek, dan poliklinik untuk obat jalan. sistem ini harus dapat memberikan informasi tentang riwayat sakit pasien, alergi obat yang diderita. titik kritis dalam pembentukan SI ini adalah pada pemodelan database-nya yang kompleks dan besar.
d.      sistem informasi perhotelan
sistem ini menyediakan laporan tentang banyaknya tamu yang menginap, lama menginap, tingkat hunian, dan banyaknya fasilitas yang digunaakan oleh tamu tersebut. sistem ini akan menjadi kompleks ketika phak hotel membuka unit-unit profit lainnya seperti bar, restoran, toko roti, dan toko souvenir.
e.       sistem informasi perpustakaan
sistem ini sebenarnya tidak begitu rumit, hanya saja jumlah data yang dimasukkan sangat besar. bisa jadi sebuah perpustakaan memiliki 100.000 judul buku. sementara itu kerumitan dalam permodelan databasenya terjadi ketika harus melakukan pencatatan terhadap satu judul buku dengan banyak eksepler. SI ini juga hrus mampu menyediakan informasi tentang ringkasan atau abstraksi dari buku tersebut.

Sistem Informasi Manajemen atau SIM (Management Information System) Sistem Informasi Manajemen adalah sistem informasi yang digunakan untuk menyajikan informasi yang digunakan untuk mendukung operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam suatu organisasi. SIM menghasilkan informasi untuk memantau kinerja, memelihara koordinasi, dan menyediakan informasi untuk operasi organisasi. Umumnya SIM mengambil data dari sistem pemrosesan transaksi . Fungsi SIM adalah mengkonfersi data yang berasal dari SPT menjadi informasi untuk mengelola organisasi dan memantau kerja. Pemakai SIM ini adalah semua level manajeman.

Karakteristik SIM :
·         Beroperasi pada tugas-tugas terstruktur.
·         Meningkatkan efisiensi dengan mengurangi biaya.
·         Menyediakan laporan dan kemudahan akses yang berguna untuk pengambilan keputusan.
Macam-macam laporan yang dihasilkan SIM :
·         Laporan periodik adalah laporan yang dihasilkan dalam selang waktu tertentu seperti harian, mingguan, bulanan, kwartalan, dan sebagainya.
·         Laporan ikhtisar adalah laporan yang memberikan ringkasan terhadap sejumlah data/informasi.
·         Laporan perkecualian adalah laporan yang hanya muncul kalau terjadi keadaan yang tidak normal. Sebagai contoh, manajer pembelian mungkin memerlukan laporan pengiriman barang dari pemasok yang sudah terlambat satu minggu. Laporan ini hanya muncul kalau keadaan yang diminta terpenuhi.
·         Laporan perbandingan adalah laporan yang menunjukkan dua atau lebih himpunan informasi yang serupa dengan maksud untuk dibandingkan.Terkadang SIM juga menyediakan laporan yang yang tergolong sebagai demand (Ad Hoc) report, yaitu jenis laporan yang dapat diminta sewaktu-waktu dan pemakai dapat mengatur sendiri tata letak informasi yang diperlukan.
Contoh Laporan Hasil SIM :
Sistem Otomasi Perkantoran atau SOP (office automation system)
Sistem Otomasi Perkantoran adalah sistem yang memberikan fasilitas tugas-tugas pemrosesan informasi sehari-hari di dalam perkantoran dan organisasi bisnis. Sistem ini menyediakan aneka ragam perangkat untuk pemrosesan informasi, seperti pengolah lembar kerja (spreadsheet), pengolah kata (word processor), pengolah grafik, aplikasi presentasi, pengaksesan basis data personal, surat elektronis (e-mail) dan surat bersuara (v-mail atau voice mail), dan bahkan telekonferensi. Fungsi SOP adalah menyediakan fasilitas untuk memproses dokumen. Pemakai SOP prinsipnya adalah semua personil dalam organisasi, baik staf maupun yang masuk kategori level.
Perangkat lunak untuk pemrosesan informasi :
·         Spreadsheet
·         Word processor.
·         Pengolah grafik.
·         Aplikasi presentasi.
·         Pengakses basis data personal.
·         E-mail.
·         Voice mail.



bahan diskusi :
1.   sebutkan apa saja jenis-jenis dari sistem Informasi Menurut Level Organisasi?
jawaban : yaitu adalah ;
·         Sistem informasi departemen, sistem informasi yang hanya digunakan dalam sebuah departemen. Contoh : Sistem Informasi SDM (HRIS).
·         Sistem informasi perusahaan, sistem terpadu yang dapat digunakan oleh sejumlah departemen secara bersama- sama. Contoh : sistem informasi perguruan tinggi.
·         Sistem informasi antarorganisasi, sistem informasi yang menghubungkan dua organisasi atau lebih. Contoh : eCommerce
2.    apa yang dimaksud dengan sistem Informasi Akuntansi ?
jawaban : yaitu sistem ini menyediakan informasi baik berupa general ledger, neraca maupun laporan rugi laba berdasarkan transaksi keuangan yang terjadi.
3.   apa yang dimaksud dengan sistem Informasi Keuangan ?
jawaban : yaitu Sistem informasi yang menyediakan informasi pada fungsi keuangan yang menyangkut keuangan perusahaan. Misalnya : Cash Flow dan informasi pembayaran. Sistem  informasi keuangan digunakan untuk mendukung manajer keuangan dalam mengambil keputusan yang menyangkut persoalan keuangan perusahaan dan pengalokasian serta pengendalian sumber daya keuangan dalam perusahaan.
4.   apa yang dimaksud dengan Sistem Informasi Manufaktur ?
jawaban : yaitu Sistem informasi yang bekerja sama dengan sistem informasi lain untuk mendukung manejeman perusahaan dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan produk atau jasa yg dihasilkan perusahaan.Misalnya : data bahan mentah, profil vendor baru, jadwal produksi.
5. sebutkan Jenis-jenis SIM berdasarkan bidang minat perusahaan?
jawaban : yaitu diantaranya
·         sistem informasi registrasi dan pembayaran biaya kuliah
·         sistem informsi supermarket
·         sistem informasi perhotelan
·         sistem informasi perpustakaan
·         sistem informasi  rumah sakit
6  sebutkan apa saja perangkat lunak untuk pemrosesan informasi ?
jawaban : yaitu diantaranya
·         Spreadsheet
·         Word processor.
·         Pengolah grafik.
·         Aplikasi presentasi.
·         Pengakses basis data personal.
·         E-mail.
·         Voice mail.
7.    sebutkan macam-macam laporan yang dihasilkan SIM ?
jawaban : yaitu diantaranya
·         Laporan periodik adalah laporan yang dihasilkan dalam selang waktu tertentu seperti harian, mingguan, bulanan, kwartalan, dan sebagainya.
·         Laporan ikhtisar adalah laporan yang memberikan ringkasan terhadap sejumlah data/informasi.
·         Laporan perkecualian adalah laporan yang hanya muncul kalau terjadi keadaan yang tidak normal. Sebagai contoh, manajer pembelian mungkin memerlukan laporan pengiriman barang dari pemasok yang sudah terlambat satu minggu. Laporan ini hanya muncul kalau keadaan yang diminta terpenuhi.
·         Laporan perbandingan adalah laporan yang menunjukkan dua atau lebih himpunan informasi yang serupa dengan maksud untuk dibandingkan.Terkadang SIM juga menyediakan laporan yang yang tergolong sebagai demand (Ad Hoc) report, yaitu jenis laporan yang dapat diminta sewaktu-waktu dan pemakai dapat mengatur sendiri tata letak informasi yang diperlukan.
8.     apa saja  karakteristik SIM ?
jawaban : yaitu diantaranya
·         Beroperasi pada tugas-tugas terstruktur.
·         Meningkatkan efisiensi dengan mengurangi biaya.
·         Menyediakan laporan dan kemudahan akses yang berguna untuk pengambilan keputusan.
9.    bandingkan SI Penjualan dengan Sistem Informasi Pemasaran?
jawaban : yaitu adalah
Sistem Informasi Pemasaran adalah Jenis yang banyak diimplementasikan adalah jenis sistem informasi pemasaran. Jenis sistem informasi ini sangat penting terutama bagi bagian pemasaran suatu perusahaan. Sistem informasi pemasaran akan membantu mencatat dan juga memberkan informasi penting mengenai penjualan yang telah dilakkan oleh sebuah perusahaan. Yang meliputi:
·         Jumlah produk yang sudah terjual
·         Produk yang laris dan banyak dipesan
·         Produk yang jarang diminati oleh pasar
sedangakan SI Penjualan adalah sistem ini menyediakan informasi penjualan harian, mingguan, bulanan, triwulan, semesteran, dan tahunan dari masing-masing jenis barang dan supplier secara rinci. SI ini terkait erat dengan sistem persediaan barang, karena setiap penjualan akan mengurangi persediaan barang.
berikan contoh dari SI analisis kredit ?
jawaban : yaitu sistem ini dibangun dalam perusahaan yang memberikan fasilitas kredit dalam penjualan produk-produknya, seperti kendaraan bermotor, mesin cuci, lemari es, televisi, dan lain sebaginya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar